Kamis, 23 November 2017

Keren, Indonesian Islamic Art Museum Simpan Baju Perang Pasukan Tentara Islam Turki Utsmani



Indonesian Islamic Art Museum

Indonesian Islamic Art Museum - Tahukah kamu bahwa Indonesian memiliki museum Islam yang menyajikan berbagai koleksi artifak bersejarah terlengkap? Ya itu adalah Indonesian Islamic Art Museum yang letaknya berada di kompleks Wisata Bahari Lamongan, Jl. Raya Paciran (Ex. Tanjung Kodok) Lamongan Jawa Timur. 

Museum ini pertama kali dibuka pada tanggal 28 Desember 2016 dengan tujuan untuk memberikan edukasi tentang sejarah Islam kepada para pengunjungnya, sehingga masyarakat mengerti bahwa perjuangan Nabi Muhammad beserta para sahabatnya dalam mensyiarkan agama Islam tersebut tidak mudah dan memerlukan waktu yang sangat panjang dengan berbagai cara, baik melalui jalan damai, hingga peperangan. 

Dalam peperangan, pasukan tentara muslim menggunakan baju zirah yang sangat kuat dan keren, seperti yang ada di Indonesian Islamic Art Museum. Indonesian Islamic Art Museum menampilkan baju zirah yang digunakan sebagai pelindung dalam peperangan oleh tentara pasukan kesulatanan Ottoman tepatnya sepajang abad ke-16 pada puncak kekuasaan sultan Sulaiman. Baju zirah yang ada di Indonesian Islamic Art Museum ini jenisnya adalah Chainmail. 
 
Baju zirah Indonesian Islamic Art Museum
Baju zirah Janis Chainmail merupakan baju perlindungan terbaik dan terpopuler selama lebih kurang 1500 tahu, sehingga penyebarannya sangat luas seiring dengan kemajuan bangsa-bangsa penggunanya. Mulai dari Eropa, Asia Tengah, Asia Tiur, China dan Jepang. Walaupun demikian jumlah terbanyak terdapat di Eropa, Persia dan India karena berbagai faktor seperti ketersediaan bahan logam dan kemampuan pengelolahan logam. 

Baju zirah yang ada di Indonesian Islamic Art ini juga dilengkapi dengan pelindung kepala yang digunakan pada sekitar abad ke 16-17, bazu band hand (pelindung tangan) pada abad ke 18-19 an, Filigree Belt pada abad ke 19, warrior boots shoes pada abad ke 17-18 an dan berbagai persenjataan, seperti pedang Zulfikar Shamsir pada abad ke-19, perisai pada abad ke-18 dan masih banyak lainnya.

Selain perlengkapan perang, Indonesian Islamic Art Museum juga menampilkan Al Quran cetakan pertama di Turki pada abad ke-18 dan Al Qur’an yang penulisannya menggunakan tinta emas pada sekitar abad ke-13. Selain itu ada juga berbagai kitab Istambul yang ada pada sekitar abad ke-17 an dan masih banyak lagi. 

Nah, berikut akan saya jelaskan mengenai zona, fasilitas, harga tiket masuk dan informasi lain mengenai Indonesian Islamic Art Museum.

Zona di Indonesian Islamic Art Museum

Zona Audio Visual Room
Zona Audio Visual Room Indonesian Islamic Art Museum
Zona ini menyajikan film dokumenter tentang sejarah penyebaran agama Islam dari mulai zaman jahiliyah sampai Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia.
 
Zona Galeri Koleksi 
Galery Koleksi Indonesian Islamic Art Museum
Zona ini berisi berbagai artifak yang diklasifikasikan menjadi 7 galery utama, yaitu galery Ottoman Turki, Mughal India, China, Samudra Pasai, Aceh, Mataram Islam dan Walisongo.
 
Zona Diorama
Zona Diorama Indonesian Islamic Art Museum
Zona diorama menyajikan berbagai photospot keren. Di zona ini menampilkan berbagai replika peradaban Islam, seperti masjid dan kapal Cheng Ho, pasar tradisional, toko klontong, toko obat-obatan, pergudangan belanda, toko Persia dan masih banyak lagi. 

Fasilitas dan Keunggulan Indonesian Islamic Art Museum 
Augmented Reality Indonesian Islamic Art Museum
Bekunjung ke Indonesian Islamic Art Museum akan ditemani dan dipandu oleh Story Teller handal yang ahli dalam bidangnya. Keunggulan dari Indonesian Islamic Art Museum adalah menggunakan Teknlogi Informasi bernama Augmented Reality atau biasa disingkat dengan AR. Teknologi ini bisa membuat gambar-gambar yang tertempel di dinding museum bisa dilihat pengunjung dalam 3 Dimensi. Pengunjung juga bisa melakukan interaksi dengan gambar tiga dimensi tersebut baik melalui foto ataupun video.

Harga Tiket Indonesian Islamic Art Museum
Weekday : 10.000
Weekend : 15.000

Nomer Telephone
081333783004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar